Kemudahan Membayar Pajak Online Kendaraan Bermotor bagi Karyawan Anda

Kemudahan Membayar Pajak Online Kendaraan Bermotor bagi Karyawan Anda

Sebuah perusahaan besar pasti melibatkan banyak karyawan untuk menyelesaikan berbagai deadline pekerjaan. Banyaknya beban pekerjaan sering kali membuat para karyawan sulit mengajukan cuti untuk keperluan pribadi termasuk untuk mengurus perpanjangan pajak kendaraan. Para karyawan memang membutuhkan waktu setidaknya 1 hari di hari kerjanya untuk mendatangi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) untuk perpanjangan STNK. Namun kini pengurusan perpanjangan STNK tidak lagi merepotkan. Pelayanan pembayaran pajak STNK dapat dilakukan secara online. Layanan pembayaran pajak online kendaraan bermotor melalui SAMSAT online ini tentu saja akan sangat membantu para karyawan di perusahaan Anda sehingga mereka tidak perlu mengajukan cuti. Daripada menggunakan jasa calo, kemudahan bayar pajak online kendaraan bermotor melalui SAMSAT online memang harus dinikmati.

Apa itu Pajak Online?

Pajak online adalah sebuah sistem elektronik yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau pihak lain yang ditunjuk oleh DJP yang digunakan oleh wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik. Definisi tersebut merupakan terminologi resmi sebagaimana tertulis dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak nomor SE-42/PJ/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online. Sebelum Pemerintah mengenalkan metode pembayaran pajak online melalui sistem e-Billing, wajib pajak sudah dapat membayar pajak online melalui ATM tahun 2013. Namun, jenis pajak yang dapat dibayarkan hanya terbatas pada Pajak Penghasilan (PPh). Kemudian Pemerintah baru memperkenalkan sistem e-Billing dalam pembayaran pajak secara online setelah membuat sejumlah dasar hukum yaitu:

  1. PMK-242/PMK03/2014 tentang Tata Cara Pembayaran dan Penyetoran Pajak.
  2. PMK-32/PMK05 tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik.
  3. Per-PJ/2014 tentang Sistem Pembayaran Pajak Secara Elektronik.

Beberapa tahun kemudian, Pemerintah mulai mengembangkan aplikasi e-Billing yaitu SSE Pajak versi 1, yang kemudian disempurnakan melalui SSE pajak versi 2 dan SSE Pajak versi 3. Kehadiran e-Billing ini memberikan sejumlah keuntungan dibandingkan dengan sistem pembayaran pajak secara online sebelumnya. Nah, bagimana dengan pajak online untuk kendaraan bermotor? Untuk kendaraan bermotor, pembayaran pajak secara online dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan dari SAMSAT online.

Berbagai Layanan SAMSAT Online

SAMSAT online telah menyediakan beberapa layanan pembayaran pajak online kendaraan bermotor, antara lain:

  1. Untuk kendaraan bermotor dalam keadaan pengesahaan STNK 1 Tahun.
  2. Kendaraan bermotor dalam keadaan tidak ganti STNK.
  3. Kendaraan bermotor dalam keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
  4. Untuk kendaraan bermotor dalam keadaan tidak terlambat lebih dari 1 Tahun.
  5. Dan kendaraan bermotor yang tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan kriminal.

Manfaat SAMSAT Online

Bagi SAMSAT, adanya SAMSAT online dapat membantu menyajikan data lebih akurat dan up to date. Sehingga dapat dilihat realisasi dan penerimaan per UPT PPD maupun secara keseluruhan. Sedangkan bagi wajib pajak, adanya SAMSAT online dapat memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pembayaran pajak online kendaraan bermotor tersebut dapat  dilakukan di kantor bersama SAMSAT manapun selama masih dalam 1 provinsi. Dengan begitu, para karyawan yang tidak memiliki banyak waktu dapat memilih SAMSAT terdekat dengan lokasi perusahaan.

Daftar Provinsi yang Sudah Melayani Pembayaran Pajak Online Kendaraan Bermotor:

  1. Jawa Timur, Anda dapat mengakses website http://www.esamsat.jatimprov.go.id/
  2. Jawa Tengah, silahkan akses website http://dppad.jatengprov.go.id/
  3. Untuk provinsi Jawa Barat, Anda dapat mengakses website http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  4. DKI Jakarta, langsung akses website http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  5. Dan Nangroe Aceh Darusalam, langsung akses website esamsat.acehprov.go.id

Syarat Menikmati Fasilitas SAMSAT Online

  1. Kendaraan bermotor Anda tidak dalam status blokir Ranmor atau blokir data kepemilikan.
  2. Anda sebagai wajib pajak harus memiliki telepon dan nomor  seluler yang aktif.
  3. Wajib pajak harus memiliki Nomor Rekening Tabungan dan Kartu ATM di Bank BJP, Bank BNI, Bank BCA, atau Bank BRI dengan identitas yang sama dengan data kendaraan yang dimaksud.
  4. Kendaraan bermotor yang bisa melakukan daftar ulang adalah bagi wajib pajak yang NIK atau nomor KTP-nya  telah sesuai antara yang terdaftar di server SAMSAT dengan yang tertera di Rekening Tabungan.
  5. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 tahunan.
  6. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan keadaan ganti STNK  5 tahunan.
  7. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan sejak masa jatuh tempo.
  8. Anda sebagai wajib pajak perseorangan yang bukan merupakan badan usaha/yayasan/badan sosial.

Tahapan Pembayaran Pajak Online Melalui SAMSAT Online

  1. Langkah pertama adalah mengirimkan SMS ke SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi SAMSAT. Ketik sms dengan format: esamsat[spasi]nomor rangka[spasi]NIK/KTP.
  2. Kemudian harus dilakukan pengecekan status data NIK/KTP, curanmor, dan blokir ke server Polda.
  3. SMS balasan yang dikirim berisi kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan.
  4. Jika data kendaraan dan jumlah penetapan sudah disepakati, maka pembayaran dapat dilakukan melalui ATM Bank yang telah bekerjasama.
  5. Ikuti langkah pembayaran di ATM dengan cara memilih Menu Lainnya, kemudian pilih Pajak/Retribusi, lalu Pajak Kendaraan. Setelah itu, masukkan kode pembayaran atau Kode Provinsi+Masa Berlaku PJK. Contoh Kode Bayar: 3212010712150XXX.
  6. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nilai yang tertera di layar ATM,  lalu Anda akan mendapatkan struk tanda bukti bayar pajak serta memperoleh SMS konfirmasi pembayaran pajak motor.
  7. Yang terakhir, datangi kantor SAMSAT terdekat untuk menukar struk pembayaran dengan SKPD.

SAMSAT Online Melayani Cek Pajak Online

SAMSAT online juga melayani pengecekan pajak online. Melalui layanan ini, masyarakat dapat melakukan pengecekan pajak STNK secara online di kantor SAMSAT dan Dinas Pelayanan Pajak. Dengan catatan, jika plat nomor di tengah kurang dari 4 angka, maka masukkan angka 0 pada bagian depan.

Contohnya: plat nomor B 123 ABC. Jika dilakukan pengecekan, makaa harus ditambahkan angka 0 seperti B 0123 ABC. Apabila setelah dilakukan pengecekan tidak ada keterangan, maka kemungkinan besar plat nomor tersebut tidak terdaftar pada SAMSAT tersebut. Jika proses pengecekan berhasil, maka akan muncul semua informasi yang berkaitan dengan pajak kendaraan, termasuk kapan jatuh temponya.

Layanan SMS pemeriksaan STNK

Bagi Anda yang ingin membeli kendaraan bekas atau second hand, tentu saja Anda tidak ingin tertipu dengan berbagai modus penipuan BPKB dan STNK palsu. Maka dapat dilakukan pengecekan keaslian STNK melalui SMS. Sebelum melakukan transaksi pembelian kendaraan, sebaiknya validitas plat nomor kendaraan dicek dengan mengirimkan sms. Namun sayangnya tidak semua provinsi memiliki layanan cek STNK melalui SMS. Berikut ini layanan SMS cek STNK yang terdapat di provinsi Indonesia:

  1. Jawa Timur, SMS: JATIM <spasi> PlatNomorKendaraan lalu kirim ke 7070
  2. DKI Jakarta, SMS: METRO <spasi> PlatNomorKendaraan lalu kirim ke 1717
  3. Jawa Barat, SMS: poldajbr <spasi> PlatNomorKendaraan  lalu kirim ke 3977
  4. Jawa Tengah, SMS: JATENG <spasi> PlatNomorKendaraan  lalu kirim ke 9600
  5. DI Yogyakarta, SMS: DIY <spasi> PlatNomorKendaraan lalu kirim ke 9600

Selain menyediakan layanan sms pemeriksaan STNK, SAMSAT juga memiliki akun di Twitter untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Informasi ini akan berkaitan dengan lokasi SIM dan STNK Keliling. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengetik Twitter <spasi> Samsat <spasi> Nama Daerah lalu klik search.

Sistem pajak online memang sangat memudahkan masyarakat dan dapat menghindarkan dari calo yang mahal. Pengecekan info pajak dan pembayaran pajak online kendaraan kini sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi e-Samsat milik sejumlah pemerintah daerah. Jika dulu pemilik kendaraan harus datang ke kantor SAMSAT untuk mengurus perpanjangan STNK, kini prosedur tersebut sudah bisa dilakukan secara online dengan mudah dan hemat waktu. Layanan ini sangat tepat bagi para karyawan di perusahaan. Terobosan ini tentu sangat memudahkan para karyawan yang memiliki banyak kesibukan. Mengurus pembayaran pajak online kendaraan bermotor mudah, bukan?

 


PUBLISHED13 Dec 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: