Apa Saja Fungsi Pajak dan Manfaatnya bagi Pengusaha?

Apa Saja Fungsi Pajak dan Manfaatnya bagi Pengusaha?

Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kepentingan rakyat. Definisi tersebut berdasarkan Undang-Undang No. 28 Tahun 2017 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Berdasarkan definisi tersebut, sudah jelas bahwa pajak merupakan kewajiban bagi setiap warga negara yang menikmati atau menggunakan fasilitas umum. Suka tidak suka, setiap warga negara yang telah memenuhi syarat tertentu harus membayar pajak, karena sifat dari pajak adalah memaksa. Bahkan, seseorang dapat memperoleh sanksi baik administratif maupun sanksi pidana apabila sengaja tidak membayar pajak. Namun di sisi lain, terdapat fungsi pajak dan manfaatnya bagi warga negara, terutama dalam hal ini, pengusaha.

Bila sebelumnya Anda sudah mengenali fungsi dan manfaat pajak bagi masyarakat dan negara, apa saja fungsi pajak untuk kegiatan pengembangan suatu badan usaha?

Fungsi Pajak

1. Fungsi Budgeter (Anggaran)

Sebagai sumber pendapatan negara, pajak memegang fungsi vital dalam memenuhi kebutuhan pengeluaran negara. Melalui pajak, pemerintah dapat menjalankan tugas-tugasnya sebagai kepala negara dan melakukan berbagai agenda pembangunan. Dengan membayar pajak, kita turut berkontribusi dalam membangun sarana-prasarana serta kebutuhan negara lainnya.

2. Fungsi Regulasi (Mengatur)

Pajak merupakan alat untuk mengatur kebijakan negara dalam ranah sosial-ekonomi, misalnya dalam menghambat laju inflasi. Pajak juga dapat digunakan sebagai alat untuk mendukung kegiatan ekspor, misalnya pajak ekspor barang. Melalui pajak inilah pemerintah dapat mengatur ataupun menyusun kebijakan strategis yang bermanfaat bagi negara maupun warganya.

3. Fungsi Pemerataan (Redistribusi)

Pajak yang diterima pemerintah akan digunakan untuk kepentingan umum, misalnya sarana dan prasarana. Fungsi pemerataan bertujuan agar seluruh warga negara mendapatkan manfaat yang sama rata dan tidak ada ketimpangan sosial. Hingga saat ini, pemerintah sedang bekerja keras dalam mengupayakan program-program pembangunannya terdistribusikan secara merata.

4. Fungsi Stabilitas

Pajak dapat digunakan sebagai alat untuk menstabilkan kondisi perekonomian yang mungkin saja sedang tidak stabil. Misalnya saat terjadi inflasi maupun deflasi, pemerintah menetapkan pajak yang tinggi, sehingga jumlah uang yang beredar dapat dikurangi. Sedangkan saat deflasi, pemerintah akan menurunkan pajak, sehingga uang yang beredar akan bertambah dan deflasi dapat diatasi.

Manfaat Pajak bagi Pengusaha

Tanpa disadari, sebenarnya pajak memiliki banyak manfaat bagi pengusaha. Beberapa di antaranya bahkan bisa meningkatkan profesionalitas pengusaha. Berikut manfaat pajak bagi pengusaha yang perlu Anda ketahui:

1. Menunjukkan Baiknya Kredibilitas Perusahaan

Membayar pajak dapat menunjukkan kredibilitas suatu perusahaan. Perusahaan dengan kredibilitas yang baik pasti rutin membayar pajak tepat waktu, baik setiap bulan maupun setiap tahunnya. Perusahaan tentu tidak ingin jika namanya masuk dalam daftar hitam petugas pajak karena tidak taat membayar pajak.

2. Menunjukkan Sehatnya Keuangan Perusahaan

Membayar pajak dapat menunjukkan sehatnya keuangan perusahaan. Keuangan yang sehat tentu menjadi salah satu kunci suksesnya suatu perusahaan. Perusahan dengan keuangan yang sehat tentu akan menghindari keterlambatan membayar pajak karena itu justru merugikan. Mengingat adanya denda dari Dirjen Pajak bagi perusahaan yang telat membayar pajak.

3. Terlihat Lebih Profesional

Perusahaan akan terlihat lebih profesional di mata distributor maupun konsumen. Hal ini dikarenakan perusahaan yang taat membayar pajak pasti memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). NPWP menjadi salah satu bagian terpenting dalam surat kerja sama kontrak dengan konsumen maupun distributor. Perusahaan tentu akan terlihat tidak profesional jika tidak memiliki NPWP.

4. Mendapat Pinjaman Lebih Mudah

Memiliki kartu NPWP juga bermanfaat dalam hal pinjam-meminjam dengan bank. Pihak bank akan menganggap bahwa kita adalah pelaku bisnis profesional karena memiliki kartu NPWP khusus untuk bisnis. Dengan adanya kemudahan pinjaman dari bank, tentu mengembangkan perusahaan akan menjadi lebih mudah.


PUBLISHED04 Sep 2018
Anthony Kosasih
Anthony Kosasih

SHARE THIS ARTICLE: