Bayar Pajak Kendaraan Online dengan 3 Langkah Mudah Berikut Ini Wajib Anda Coba

Bayar Pajak Kendaraan Online dengan 3 Langkah Mudah Berikut Ini Wajib Anda Coba!

Anda masih sering merasa kerepotan untuk membayar pajak kendaraan? Melakukan kewajiban bayar pajak kendaraan memang cukup menyita waktu dan energi yang tidak sedikit. Bukan hanya uang saja yang harus Anda siapkan, tetapi juga keperluan pembayaran dan prosedur yang harus dilalui. Seperti mengantre berjam-jam kadang dirasa cukup merepotkan oleh sebagian orang. Namun Anda tak perlu khawatir lagi, bayar pajak kendaraan online kini jadi solusinya.

Mau tidak mau tertib pajak menjadi kewajiban sekaligus kebutuhan. Karena, jika kendaraan milik Anda urusan pajaknya bermasalah, tentu saja Anda tidak bisa dengan leluasa berkendara ke mana saja jika sudah ditilang. Untuk menghindari masalah tersebut, lakukan bayar pajak kendaraan secara rutin dan tepat waktu. Layanan Samsat Online dihadirkan pemerintah untuk mempermudah masyarakat dalam menyelesaikan urusan pajak. Karena, pembayaran melalui Samsat Online bisa dilakukan dengan transfer uang  via ATM dengan langkah mudah berikut ini!

Ketahui Persyaratannya Terlebih Dahulu

Untuk bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online, Anda perlu memiliki rekening bank yang bersangkutan serta nomor telepon aktif. Tetapi, pembayaran pajak kendaraan online ini diberlakukan untuk kendaraan atas nama perorangan dan bukan perusahaan. Kemudian, pastikan nomor kendaraan Anda tidak dalam keadaan sudah terblokir. Anda bisa melakukan pembayaran online dalam waktu 6 bulan sebelum tanggal jatuh tempo. Pembayaran online via ATM ini tidak berlaku untuk perpanjangan STNK atau keperluan ganti plat nomor, melainkan hanya berlaku untuk pembayaran PKB per tahun.

Dapatkan Kode Pembayaran Melalui Pengiriman SMS

Sebelum Anda melakukan pembayaran pajak kendaraan online lewat ATM, Anda harus mengirimkan SMS dengan format: esamsat (spasi) nomor rangka kendaraan (spasi) nomor KTP. Kemudian, kirim ke nomor layanan e-samsat masing-masing wilayah. Setelah mendapatkan balasan 2 pesan, yang pertama berisi rincian pembayaran pajak kendaraan dan 16 digit kode pembayaran dan pesan kedua berisi informasi terkait kendaraan yang dimiliki. Setelah itu Anda baru bisa pergi ke ATM untuk melakukan transaksi.

Pembayaran Transaksi Melalui ATM

Transaksi pembayaran pajak kendaraan online melalui ATM bisa dilakukan sesuai dengan bank yang Anda gunakan, pembayaran tidak bisa dilakukan melalui ATM Link (ATM kerjasama Bank Mandiri-BRI-BNI-BTN). Setelah itu lakukan prosedur pembayarannya sesuai ATM Anda sebagai berikut.

BCA

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin
  2. Input nomor PIN
  3. Masuk ke menu utama
  4. Pilih menu MPN –> Pajak Kendaraan –> Pembayaran Pajak
  5.  Input kode wilayah –> input kode pembayaran 16 digit yang Anda dapat melalui pesan singkat e-samsat
  6. Rincian terkait informasi kendaraan dan beban pajak akan tampil di layar –> pilih OK.

BNI

  1. Masukkan kartu ATM Anda ke dalam mesin
  2. Input nomor PIN
  3. Masuk ke menu utama
  4. Pilih Pembayaran –> Pajak/ Penerimaan Negara –> E-Samsat
  5. Input kode institusi –> kode wilayah samsat –> kode pembayaran 16 digit
  6. Rincian terkait informasi kendaraan dan beban pajak ditampilkan di layar –> pilih OK.

BRI

  1. Masukkan kartu ATM Anda ke dalam mesin
  2. Input nomor PIN
  3. Masuk ke menu utama
  4. Pilih Pembayaran –> pilih Pajak –> Lainnya –> pilih E-Samsat
  5.  Input kode wilayah –> masukkan kode pembayaran 16 digit
  6. Rincian informasi terkait kendaraan dan beban pajak yang dikenakan akan ditampilkan di layar –> pilih OK.

Setelah melakukan semua prosedur transaksi, berarti Anda telah menyelesaikan kewajiban membayar pajak kendaraan Anda secara online. Selanjutnya, simpan struk pembayaran lewat ATM sebagai tanda bukti sah pembayaran telah berhasil dilakukan.

Untuk berjaga- jaga, Anda bisa memfotokopi struk tadi dan dapat Anda gunakan jika sewaktu-waktu struk rusak atau hilang. Jika Anda masih merasa ragu dengan pembayaran online yang telah Anda lakukan, kunjungi kantor Samsat terdekat dan tukarkan struk ATM dengan bukti pembayaran pajak kendaraan dari Samsat.

Anda pun tidak perlu lagi mondar-mandir dan mengantre untuk menyelesaikan pembayaran pajak kendaraan kesayangan Anda, karena pembayaran pajak kendaraan online bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Itulah 3 langkah mudah bayar pajak kendaraan online yang wajib Anda coba! Bagaimana, apakah Anda tertarik?


PUBLISHED06 Jul 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: