Mudahnya Pembaharuan Data Wajib Pajak melalui Aplikasi E-Reg

Mudahnya Pembaharuan Data Wajib Pajak melalui Aplikasi E-Reg

Aplikasi perpajakan online milik Direktorat Jenderal Pajak beragam dan memberi kemudahan kepada wajib pajak. Salah satunya adalah aplikasi e-reg (e-registration). Aplikasi e-reg ini dapat dimanfaatkan wajib pajak untuk melakukan perubahan data dan pemindahan wajib pajak sesuai peraturan terkait. Ketentuan ini tertuang dalam PER-20/PJ/2013 telah diubah dengan PER-38/PJ/2013.

Prosedur Perubahan Data Wajib Pajak

Prosedur mengenai ketentuan perubahan data wajib pajak telah tertuang cara jelas di dalam standard operational procedure (SOP) berisi tata cara perubahan data wajib pajak dan atau pengusaha kena pajak melalui aplikasi e-Registration.

Adapun rincian prosedur yang harus ditempuh antara lain:

  1. Wajib pajak harus terlebih dahulu membuka situs resmi direktorat jenderal pajak dengan alamat http://www.pajak.go.id, kemudian pilih menu aplikasi serta login pada aplikasi e-Registration.
  2. Setelah login, langsung buka menu perubahan data wajib pajak atau pengusaha kena pajak. kemudian isi dan kirimkan formulir permohonan dengan lengkap, jujur serta benar melalui aplikasi e-Registration.
  3. Tidak lupa setelah mengisi dan mengirimkan formulir permohonan wajib pajak harus mengirimkan dan menyertakan dokumen yang di persyaratkan dengan lengkap kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP).
  4. Apabila dokumen yang dipersyaratkan akan Anda kirimkan secara online melalui aplikasi e-registration, Anda hanya perlu mengunggah dan mengirimkan dokumen tersebut melalui sistem yang sudah tersedia di dalam aplikasi e-Reg.
  5. Namun apabila dokumen yang dipersyaratkan tidak terkirim secara online karena suatu hal melalui aplikasi e-Reg, yang harus Anda lakukan adalah mencetak Surat Pengiriman Dokumen dari aplikasi dan dilampirkan dokumen yang dipersyaratkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).
  6. Setelah melalui tahap ini petugas pajak akan memeriksa seluruh kelengkapan administrasi Anda. Apabila ditemukan persyaratan yang salah dan tidak lengkap, maka otoritas pajak akan mengirimkan pemberitahuan melalui surat elektronik kepada wajib pajak.

Sudah jelas terbukti bahwasannya Direktorat Jenderal Pajak telah mengakomodasikan perubahan data wajib pajak melalui akses yang mudah. Selain perubahan data alamat dan kontak wajib pajak, pembaharuan kode usaha juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, Validitas data sangat diperlukan dan berguna dalam melihat pemetaan sektor pajak di Indonesia.

Pemetaan sektor pajak menjadi dasar untuk menyinkronkan kebijakan pemerintah yang telah diterapkan menjadi lebih efektif dalam rangka menumbuhkan perekonomian di indonesia. Keberlanjutan bisnis bisnis yang ada selalu dipantau dan diawasi oleh pemerintah apabila data wajib pajak selalu update. Di sisi lain, pemerintah juga memberikan keluasan maupun insentif bagi para pengusaha untuk lebih mengembangkan bisnisnya.

Diharapkan dengan kemudahan sistem perubahan data wajib pajak melalui aplikasi e-Reg ini, wajib pajak akan lebih memperhatian baru wanita untuk keperluan pajak agar pelaksanaan pemetaan sektor usaha dapat dilakukan dan dimanfaatkan dengan baik.


PUBLISHED08 Dec 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: