5 Fitur e-Pajak yang Mempermudah Anda dalam Mengelola Pajak

5 Fitur e-Pajak yang Mempermudah Anda dalam Mengelola Pajak

Anda pasti mulai akrab bukan dengan kosakata pajak online yang selalu diawali dengan “e” atau bisa kita sebut dengan e-pajak. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan e-pajak? Dan apa saja yang dimaksud dengan berbagai fitur pajak yang lainnya? Fitur pajak yang telah disediakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) antara lain adalah e-fin, e-filing, e-faktur, e-form, dan e-billing. Anda pasti penasaran apa saja sebeneranya fitur-fitur e-pajak ini?

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai fitur e-pajak, alangkah baiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan e-pajak. Elektronik pajak atau e-pajak adalah seluruh proses pelaporan, pembayaran, dan pengisian formulir yang berhubungan dengan perpajakan dan dilakukan dengan menggunakan software pajak. Software pajak ini dapat diakses secara online melalui halaman yang telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak maupun aplikasi yang dapat diunduh secara offline untuk membuat form Surat Pemberitahuan (SPT) atau yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa laman DJP atau fitur e-pajak yang dapat Anda akases secara online.

e-Fin

e-Fin yang memiliki kepanjangan Electronic Filling Identification Number ialah 10 digit nomor identitas yang diterbitkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak. Kode e-fin ini berfungsi sebagai identifikasi bagi wajib pajak agar dapat melakukan berbagai transaksi elektronik perpajakan salah satunya pelaporan SPT. Memiliki e-fin pajak adalah syarat wajib agar dapat melakukan pelaporan spt online (e-filing) baik di website DJP maupun aplikasi lainnya. Dengan kode e-fin ini, Anda akan mendapatkan sistem yang aman, karena telah terenkripsi, sehingga kerahasiaan data akan terjamin. Unduh formulir aplikasi e-fin di sini.

e-Filing

e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan secara online dan realtime melalui Internet pada website Direktorat Jenderal Pajak atau Penyedia Layanan SPT elektronik atau Application Service Provider (ASP). Dengan e-filing ini, Anda dapat melakukan pelaporan pajak anda yaitu SPT dengan lebih mudah dan cepat. Anda dapat mengakses laman e-filling melalui laman djponline.pajak.go.id.

e-Faktur

Faktur pajak yang berbentuk elektronik disebut e-faktur. E-faktur ini dibuat menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh Dirjen Jenderal Pajak. Pembuatan e-faktur pajak ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi para Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam melakukan pelaporan pajak. Aplikasi yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak e-faktur atau disebut juga e-nofa dapat Anda akses pada laman berikut ini efaktur.pajak.go.id.

e-Form

Yang dimaksud dengan e-form adalah formulir yang dapat diunduh di laman Direktorat Jenderal Pajak. E-form ini merujuk pada formulir SPT. Formulir ini haruslah diunduh dan diisi oleh wajib pajak, kemudian di-upload kembali melalui e-filing. Dan pelaporan pajak Anda telah selesai. Anda dapat mengakses e-form pada laman pajak.go.id/e-form.

e-Billing

Adapun pengertian e-billing pajak adalah sistem pembayaran pajak secara elektronik dengan membuat kode billing pada aplikasi SSE pajak online yang merupakan bagian dari sistem penerimaan Negara. Sistem ini diadministrasikan oleh Biller Direktorat Jenderal Pajak dan menerapkan Billing Sistem. Sementara, kode billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan wajib pajak. Anda dapat mengakses laman e-billing di sse.pajak.go.id.

Berikut tadi beberapa fitur e-pajak atau elektronik pajak yang telah tersedia di laman Dirjen Pajak online. Fitur-fitur tadi telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk mempermudah urusan perpajakan bagi seluruh Wajib Pajak di Indonesia. Pada dasarnya fitur e-pajak ini dibuat karena mengikuti perkembangan zaman yang semua dilakukan dengan digital.

Tidak hanya itu, fitur ini dibuat agar lebih mempermudah, menghemat waktu, dan meningkatkan akurasi dalam pelaporan pajak. Cara mengaksesnya juga cukup mudah. Yang pasti Anda harus memiliki alamat email aktif dan NPWP. Anda pasti dapat melakukan login pada semua fitur e-pajak. Dengan tersedianya fitur ini, Anda jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan pelaporan maupun pembayaran pajak? Karena fitur-fitur yang tersedia sangat membantu dan memudahkan Anda dalam melakukan urusan perpajakan anda. Ayo jadi tertib pajak dengan fitur-fitur e-pajak!


PUBLISHED23 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: