Daftar Isi
6 min read

Serba serbi Akuntansi Pajak yang Wajib Dipahami WP Badan

Tayang 03 Jun 2021
Serba serbi Akuntansi Pajak yang Wajib Dipahami WP Badan

Sebagai Wajib Pajak Badan (WP Badan), dasar kewajiban perpajakan dari usaha yang dijalankan haruslah dipahami dengan baik. Setidaknya pengetahuan umum tentang dasar akuntansi pajak yang berkaikan erat dengan kewajiban pajaknya.

Mekari Klikpajak akan mengulas serba serbi akuntansi pajak yang harus diketahui dan dipahami Sobat Klikpajak sebagai WP Badan.

Menjalankan bisnis memang tak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus dipahami di dalamnya, termasuk seputar akuntansi pajak.

Bagaimanapun juga, sebuah bisnis yang berjalan akan selalu berkaitan dengan hal akuntansi sekaligis perpajakannya. Oleh karena itulah mengetahui seluk beluk dari  akuntansi pajak sangat diperlukan bagi pengelola usaha.

Lalu, apa saja serba serbi akuntansi pajak yang harus dipahami pebisnis atau pengelola perusahaan?

Sobat Klikpajak akan menemukan penjelasan serba serbi akuntansi pajak di badah ini.

Tapi sebelum itu, seperti biasanya Klikpajak.id tidak akan bosan mengingatkan Sobat Klikpajak pentingnya kelola pajak bisnis yang efektif dan efisien guna membantu meningkatkan kinerja perusahaan.

Ingin mengetahui cara kelola pajak bisnis yang mudah & cepat seperti membuat Faktur Pajak keluaran maupun kelola Pajak Masukan di e-Faktur?

Apa sih pentingnya akuntansi pajak pada perusahaan yang dijalankan?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap bisnis yang dijalankan tidak akan lepas dari urusan yang berkaitan dengan akuntansi pajak.

Perusahaan membutuhkan akuntansi untuk mengelola keuangan usaha sekaligus dibutuhkan sebagai adminitrasi perpajakan. Untuk itulah istilah akuntansi pajak ini erat kaitannya dengan bisnis yang dijalankan.

YouTube video

Sifat Akuntansi Perpajakan & Pemahaman Dasar Serba serbi Akuntansi Pajak

Akuntansi Pajak adalah pengolahan data kuantitatif dengan mencatat, mengalkulasi, dan menganalisa transaksi ekonomi perusahaan dalam bentuk laporan keuangan.

Sehingga dapat menetapkan strategi dan keputusan perpajakan yang sesuai peraturan dan prinsip perpajakan.

Dalam dunia perpajakan, sebenarnya tidak ada istilah akuntansi, yang ada hanyalah pencatatan dan pembukuan.

Namun dalam sistem pajak modern, akuntansi pajak menjadi sangat dibutuhkan berdasarkan self assessment yang memberi kepercayaan kepada Wajib Pajak untuk:

  • Menghitung sendiri (self assess) jumlah pajak terutang dan pajak telah dibayar
  • Melunasi kekurangan pajak
  • Melaporkan ke Ditjen Pajak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan perpajakan.

Lalu, apa saja sifat akuntansi perpajakan ini?

Sebagaimana ditekankan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), maka ada beberapa sifat dasar dari akuntansi perpajakan ini.

Sifat akuntansi perpajakan antara lain:

1. Iuran masyarakat kepada pemerintah yang bersifat dipaksa dalam pembayarannya.

Namun sering terjadi petugas pajak berlaku semauanya atau tidak adil dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu disebabkan dinilai banyaknya para Wajib Pajak yang tidak menaati kewajiban sebagaimana mestinya serta ada kekeliruan saat mencatat transaksi perpajakan.

2. Suatu alat untuk membiayai beban atau pengeluaran pemerintah

Hal ini di mana pemerintah dapat menggunakan pajak sebagai sumber kegiatan operasional pemerintahan.

Para Wajib Pajak tidak menerima imbalan jasa secara langsung, tetapi mendapat perlindungan berupa pelayanan dari negara sesuai dengan haknya.

3. Fungsi pajak adalah mengatur segala aspek ekonomi, sosial, dan budaya.

Baca juga: Ingat! Tahun Depan, CV Tidak Bisa Pakai PPh Final UMKM Lagi

Serba serbi Akuntansi Pajak yang Wajib Dipahami WP BadanIlustrasi laporan keuangan dalam serba serbi akuntansi pajak yang perlu dipahami WP Badan

Prinsip Akuntansi Pajak, Bagian dari Dasar Serba serbi Akuntansi Pajak

Penerapan akuntansi pajak mempertimbangkan berbagai prinsip yang menjadi dasar akuntansi pajak.

Prinsip akuntansi pajak adalah sebagai berikut:

1. Kesatuan Entitas

Akuntansi adalah satu kesatuan ekonomi dan terpisah dengan pihak yang berkepentingan dengan sumber daya perusahaan/entitas.

2. Prinsip Kesinambungan

Prinsip yang berasumsi perusahaan tidak akan bubar serta melanjutkan kegiatan ekonomi dengan tanpa henti.

3. Konsisten

Memegang teguh metode dalam pembukuan akuntansi.

Setiap data keuangan keluar atau masuk tidak boleh dimanipulasi.

4. Harga Pertukaran yang Objektif

Transaksi keuangan harus dinyatakan dengan nilai berupa uang.

Objektif artinya tidak dipengaruhi oleh hubungan istimewa, bisa diuji oleh pihak independen, tidak adanya transfer pricing, tidak ada KKN, dan lainnya.

Fungsi Akuntansi Pajak dalam Serba serbi Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak ternyata memiliki fungsi yang cukup krusial bagi kelangsungan perusahaan.

Secara umum, berikut adalah fungsi atau peran dari akuntansi pajak bagi perusahaan:

1. Menyusun perencanaan dan strategi perpajakan

Menyusun perencanaan dan strategi perpajakan sangat penting bagi perusahaan untuk memperkirakan posisi pajak terhutang dengan kemampuan ekonomi perusahaan.

Menyiapkan perusahaan mengalokasikan untuk pemenuhan pajak, dapat menekan pajak yang wajib dibayarkan dengan mengetahui celah yang dapat mengurangi pajak tanpa melakukan kecurangan atau penggelapan pajak.

2. Menyediakan analisa dan prediksi potensi pajak perusahaan 

Melalui analisa akuntansi pajak, perusahaan dapat memprediksi posisi pajak perusahaan di masa mendatang.

3. Mampu menerapkan akuntansi atas kejadian perpajakan

Mampu menerapkan perlakuan akuntansi atas kejadian perpajakan mulai dari penilaian/perhitungan, pencatatan, dan pengakuan atas pajak dalam laporan keuangan komersial maupun fiskal perusahaan.

4. Membangun kesadaran dan kepatuhan pajak bagi Wajib Pajak

Akuntansi pajak menyediakan perhitungan yang mudah, riil, dan aplikabel sehingga bisa membangun kesadaran dan kepatuhan pajak bagi WP untuk memenuhi kewajibannya.

Tingginya kesadaran dan kepatuhan pajak para WP otomatis mendorong kemajuan pembangunan Indonesia.

5. Menyajikan bahan evaluasi

Pengarsipan dan dokumentasi perpajakan dengan baik akan menjadi bahan pemeriksaan dan evaluasi akan kesesuaian kemampuan ekonomi perusahaan dalam membayar pajak.

Demikian ulasan mengenai serba serbi akuntansi pajak yang harus diketahui sebagai modal awal penyusunan laporan keuangan perusahaan Sobat Klikpajak.

Saatnya Urus Pajak Lebih Mudah & Cepat dengan Fitur Lengkap Mekari Klikpajak

Itulah penjelasan tentang serba serbi akuntansi pajak yang merupakan dasar dari akuntansi perpajakan yang perlu diketahui dan dipahami pelaku bisnis maupun Sobat Klikpajak yang berkecimpung di bidang perpajakan perusahaan.

Kini saatnya Sobat Klikpajak melakukan berbagai urusan perpajakan lebih mudah dan cepat dengan fitur lengkap Mekari Klikpajak.

Apa yang akan Sobat Klikpajak dapatkan dari aplikasi pajak online berbasis web mitra resmi DJP ini?

Sobat Klikpajak dapat melakukana urusan perpajakan yang efektif & efisien melalui fitur lengkap Mekari Klikpajak. Karena, jika ada cara praktis, kenapa harus menggunakan cara-cara yang menyita banyak waktu & banyak buang biaya?

Kami memahami bagaimana kompleksitas mengurus administrasi perpajakan perusahaan.

Oleh karena itu, Sobat Klikpajak dapat menemukan semua kemudahan mengurus dan melakukan administrasi perpajakan melalui Klikpajak yang memiliki Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online yang Terintegrasi.

Melalui Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat mengurus berbagai kewajiban perpajakan dengan mudah dan cepat karena dapat dilakukan dalam satu platfrom,.

Mekari Klikpajakadalah cara simpel untuk melakukan berbagai aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak, mulai dari menghitung, membayar dan cara lapor pajak dalam satu platform.

“Klikpajak akan menghitung kewajiban pajak dengan tepat dan akurat sehingga Sobat Klikpajak terhindar dari kesalahan penghitungan yang dapat menyebabkan pengenaan sanksi denda pajak.”

Tentu saja bukan hanya menghitung, membayar dan melaporkan pajak saja, fitur lengkap Mekari Klikpajak yang semakin memudahkan aktivitas perpajakan Sobat Klikpajak mulai dari membuat Faktur Pajak elektronik hingga Bukti Potong elektronik.

Temukan kemudahan urus perpajakan lainnya dengan Mekari Klikpajak di bawah ini:

1. Cara melakukan rekonsiliasi pajak otomatis

2. Cara mudah membuat Faktur Pajak Keluaran

3. Cara input Dokumen Lain di e-Faktur

Bukan hanya pengelolaan pajak dari ketiga hal itu, melalui fitur lengkap aplikasi pajak online Klikpajak sebagai mitra resmi DJP, tapi masih banyak lagi urusan perpajakan perusahaan jadi lebih mudah terselesaikan.

Tunggu apa lagi? Segera aktifkan akun Klikpajak Sobat Klikpajak sekarang juga dan nikmati pengelolaan pajak bisnis yang efektif dan efisien, menghemat waktu dan tenaga lebih banyak lagi!

Kategori : Edukasi

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak