3 Langkah Praktis Cara Bayar Pajak Secara Online - Klikpajak

3 Langkah Praktis Cara Bayar Pajak Secara Online

Kemudahan teknologi Internet saat ini menjadikan semua urusan yang rumit menjadi lebih mudah dan praktis, salah satunya adalah membayar pajak. Membayar pajak kini lebih mudah dengan cara online, karena Anda tidak perlu lagi datang ke kantor pajak untuk melakukan berbagai pemberkasan, mengantre hingga puluhan deret, pergi dari loket ke loket, belum lagi jika terjadi kesalahan input yang mungkin saja dilakukan oleh teller.

Sekarang pembayaran pajak dapat dilakukan dengan cara online yang dapat menghemat waktu, tenaga, dan pikiran Anda. Untuk membayar pajak secara online, Anda memerlukan ID Billing atau Kode Billing yang bisa didapatkan lewat aplikasi e-Billing yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) atau ASP resmi seperti Klikpajak. Pembayaran pajak kini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja asalkan Anda memiliki koneksi Internet. Bagaimana langkah praktisnya? Ini dia langkah-langkah mudah membayar pajak secara online lewat fitur e-Billing Klikpajak.

Masuk ke Akun Klikpajak

Pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke akun Klikpajak Anda dengan memasukkan email dan password. Jika Anda belum memiliki akun Klikpajak, Anda bisa membuat akun di sini.

 

Pembuatan Kode Billing

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke menu Home seperti di bawah ini. Selanjutnya, Anda bisa klik Bayar Pajak. 

Setelah mengklik ‘Bayar Pajak’ akan muncul halaman baru untuk menentukan jenis pajak yang ingin Anda bayar. Tentukan Kode Akun Pajak, Kode Jenis Setoran, dan Masa Pajak yang akan Anda bayarkan, lalu setelah memastikan semuanya sesuai dengan pajak yang akan Anda bayar, klik Lanjutkan.

  

Setelah mengklik ‘Lanjutkan’, akan muncul halaman seperti di bawah ini, lalu masukkan jumlah pajak yang akan dibayarkan pada kolom yang tersedia, lalu klik Lanjutkan.

Setelah klik Lanjutkan akan muncul gambar seperti di bawah ini, pastikan semuanya telah terisi dengan benar dan sesuai dengan pajak yang akan dibayarkan. Jika sudah sesuai, klik ‘Buat ID Billing dan Lanjutkan’

 

Setelah mengklik ‘Buat ID Billing dan Lanjutkan’, Anda akan diarahkan kembali ke halaman utama (Home). Apabila ID Billing sudah diproses, maka di kolom ID Billing akan muncul informasi bahwa ID Billing Anda sedang diproses. Jika ID Billing sudah selesai diproses, maka ID Billing akan muncul secara otomatis di halaman ini.

Pembayaran Berdasarkan Kode Billing

Jika Anda sudah menerima ID Billing, Anda bisa langsung membayarkan pajak. Caranya bermacam-macam, mulai dari membayar langsung ke Bank Persepsi, Kantor Pos, ATM atau Internet Banking.

Untuk membayar lewat Bank Persepsi, Anda perlu mencetak kode billing untuk ditunjukkan kepada tellerTeller akan memasukkan kode billing dan menerima uang setoran pajak. Teller akan memproses transaksi dan Anda akan mendapatkan bukti penerimaan Negara (BPN) yang dapat digunakan sebagai sarana pelaporan dan keperluan administrasi lain di kantor pelayanan pajak.

Selain via teller, Anda juga bisa melakukan pembayaran lewat via ATM ataupun Internet banking. Jika Anda ingin melakukan pembayaran melalui ATM, Anda perlu memasukkan kode institusi 10035, dan memasukkan kode billing yang sudah Anda miliki. Struk ATM yang tercetak dianggap sebagai bukti penerimaan Negara (BPN) yang dapat digunakan untuk pelaporan ke Kantor Pelayanan Pajak.

Jika Anda melakukan pembayaran via Internet banking, anda juga perlu memasukkan kode institusi dan kode billing. Terakhir akan muncul bukti validasi dari sistem serta muncul opsi cetak atau simpan bukti penerimaan Negara (BPN).

Kode billing ini berlaku dalam waktu 48 jam sejak diterbitkan dan setelah itu secara otomatis terhapus dari sistem dan tidak dapat dipergunakan lagi. Anda dapat membuatnya kembali apabila kode billing terhapus secara sistem. Dengan sistem e-Billing ini, Anda juga dapat menyimpan data yang telah di-input maupun mengulang input, sehingga data yang tersimpan terjamin akurasinya.

Membayar pajak adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Sekarang tidak ada lagi alasan repot membayar pajak, karena pemerintah sudah membuat sistem online yang memudahkan wajib pajak untuk menuntaskan kewajiban perpajakannya. Klikpajak sebagai ASP resmi dari Dirjen Pajak juga hadir untuk meringankan beban perpajakan Anda hanya dalam satu platform yang praktis dan mudah untuk digunakan. Segera daftar dan gunakan fitur hitung, bayar, dan lapor pajak dari Klikpajak untuk menuntaskan kewajiban perpajakan Anda sebelum terlambat! 


PUBLISHED05 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: